Wisata Alam Ramah Keluarga dan Diri Sendiri di Semarang

Sebagai ibu kota Jawa Tengah, Semarang tumbuh menjadi salah satu wilayah metropolitan paling berkembang di pulau Jawa. Kendati demikian, kota ini memiliki beberapa wisata alam  sangat murah dan ramah bagi siapapun yang ingin menyejukan dirinya sendiri maupun keluarga. Berikut wisata alam yang ramah keluarga dan diri sendiri di Semarang:
1. Hutan Wisata Tinjomoyo
Dahulu hutan ini merupakan tempat yang redup, gelap dan terlupakan. Sekarang Hutan Tinjomoyo berubah lebih terang dan bewarna, terutama pada malam hari. Sekarang hutan dihiasi berbagai lampu di berbagai pohon-pohon di sana. Dipasang juga puluhan hammock di antara batang-batang pohon sehingga semakin memanjakan untuk bersantai. Bahkan tidak jarang hutan ini dijadikan tempat untuk festival musik. Kini, Hutan Tinjomoyo yang gelap dan redup itu menjadi jauh lebih terang. Hutan Tinjomoyo juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Semarang karena perdagangan dan jasa di sektor pariwisata.
2. Hutan Penggaron
Bila ingin merasakan udara sejuk dengan kicauan burung lebih mudah, datanglah ke Hutan Penggaron yang hanya bersjarak 18 km dari kota Semarang. Lokasi ini biasanya dijadikan tempat untuk kemah, outbound hingga foto prawedding. Hutan Penggaron juga sering dijadikan tempat latihan SAR, pramuka dan juga kepentingna ilmu pengetahuan dan penelitian.
Menuju sana ditempuh dari Semarang ke Selatan, setelah Taman Unyil Unggaran maju terus. Setelah melewati Bappeda Kabupaten Semarang, belok kiri, kemudian belok kiri dan ke kanan. Alternatif lainnya adalah belok ke kiri setelah Mapolres Ungaran, setelah mentok belok kiri, belok kanan setelah jalan mentok. Menyeberangi jembatan tol Semarang-Solo, kemudian bisa terlihat Penggaron di sebelah kiri. Tiket masuk Rp. 6000 per orang, parkir mobil seharga Rp. 3000 dan motor Rp. 2000. Parkiran untuk pengunjung yang menginap terasa lebih aman karena ada petugas menjaganya.
3. Bantir Hills
Tidak bisa dipungkiri bahwa tempat yang merupakan instagramable itu paling dicari para wisatawan. Salah satunya adalah tempat-tempat berbau alam yang tidak perlu repot-repot untuk blusukan ke tujuan tersebut. Keinginan itu bisa dicapai di Banti Hills yang terdapat berbagai tempat foto menarik sekaligus terpancar keindahan panorama alam. Di sana bisa berfoto dimanjakan pemandangan alam menawan oleh hantaran pohon rindang, persawahan hijau dan pemukiman penduduk di sekitaran gunung. Pengunjung akan terasa lebih sejuk dengan segarnya semilir angin serta teruhnya pohon pinus tinggi dan rindang.

Terdapat juga Gazebo, rumah pohon, jembatan hutan dan sebagainya untuk kepentingan berfoto. Menuju Bantir Hills bisa berpatok kepada Pasar Sumowono. Dari situ lurus menjuju Curug 7 Bidadari sehingga menemukan petunjuk meuju Bantir Hills. Sesampainya di sana, dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

4. Gunung Kendil
Jika membutuhkan wisata alam ramah yang lebih menantang, Gunung Kendil bisa dijadikan jawabannya. Pergilah ke sana untuk menghibur diri dan mengembalikan mood sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. Gunung kendil merupakan gunung kecil yang damai. Terletak di Jalan Puncak Anom, Dusun Gesing, Desa Tegaron, Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Perjalanan dari sana dari kota Semarang adalah menuju Ambarawa melalui jalan Lingkar. Kemudian belok kiri melewati jalan Banyubiru Raya sampai Polsek Banyubiru dan bertemu pertigaan. Kemudian lalui jalan ke arah Blimbing Kuring yang banyak tanjakan dan berliku namun cukup nyaman dilewati karena sudah beraspal. Medan agak sulit baru terasa ketika mencoba mendaki ke puncak. Tapi akan terbayar dengan keindahan panorama alam dengan pemandangan gunung lainnya seperti Unggaran, Merbabu, Andong dan Telomoyo. Selain untuk mendaki, Gunung Kendil juga bisa dipakai untuk berkemah ria.

Itulah beberapa rekomendasi mengenai wisata alam yang ramah keluarga maupun untuk kamu menyendiri di Semarang. Tentunya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kamu nikmati di Semarang ini.